Rabu, 07 April 2010

Tinjauan desain (tugas mingguan)

PERUBAHAN FUNGSI



Perubahan Fungsi Pada Benda

Fungsi pada suatu benda di rancang ketika benda itu di ciptakan, atau biasa di sebut fungsi dasar dari benda itu sendiri. benda memiliki dua unsur penting yang menjadikannya benda yaitu bentuk dan fungsi, bentuk dan fungsi benda mencerminkan langsung bagai mana benda itu di desain, dan di ciptakan.

Pada gambar di samping terjadi perubahan fungsi total dari piring, jika fungsi dasar piring di produksi untuk tempat makan, tetapi dewasa ini piring yang sengaja di produksi dengan fungsi menambah estetika rumah (hiasan dinding rumah), benda koleksi, dll. Tidak hanya piring yang mengalami perubahan fungsi dasar, masih banyak benda yang mengalami perubahan fungsi dasarny, Jam tangan berlian yang di jadikan benda koleksi dan investasi, dan yang sekarang sudah memiliki kecendrungan perubahan fungsi adalah seperangkat alat ibadah (alat sholat) yang banyak di gunakan sebagai simbolik dalam pernikahan sebagai mas kawin.



Perubahan Fungsi Pada Periklanan

Tidak hanya benda yang mengalami perubahan fungsi, dewasa ini dunia desain dan periklanan pun mengalami perubahan fungsi tersebut, baik itu penambahan, pengurangan, atau yang benar-benar berubah total dari fungsi dasarnya sebagai media informasi.

Berikut akan di jelaskan sebagian contoh dari perubahan fungsi pada media iklan, baik dari segi pesan, pengolahan visual, sampai pengolahan media, dan gabungan semuanya.



Revita spa, ads.

Dari segi pesan sama sekali tidak ada yang berubah, pesan utamanya tetep berfungsi untuk menjual, sebagai mana fungsi dasar pesan iklan adalah menjual / atau menginformasikan suatu produk/jasa. Tetapi yang menarik adalah dari segi pengolahan visual dan penempatan media nya, di mana media di tempatkan pada eskalator dimana orang akan melintasinya dan menginjaknya, dengan begitu terjadi penambahan fungsi interaksi antara penerima pesan dengan media.






Y.Yoga Center, ads.

Sedikit berbeda dengan iklan milik revita spa yang memanfaatkan eskalator sebagai tempat untuk menempatkan medianya, Y.Yoga Center menggunakan sedotan untuk media iklannya. dimana dalam pengolahan pesan tentang kelenturan yoga bisa di sampaikan dengan baik oleh media sedotan, namun dalam sisi pesan belum ada perubahan dari fungsi dasar iklan.





stopchildabusenow.com, ads

Satu lagi iklan yang menarik dari segi pesan, pengolahan visual, dan pemanfaatan ruang dalam penempatan medianya. iklan sosial dari stopchildabusenow.com tentang anak-anak terlantar ini menggunakan ruang di sudut jalanan yang sedikit kotor dan kumuh yang di gabungkan dengan media poster yang lusuh, yang menarik adalah seolah-olah ada anak kecil yang tertutupi oleh posternya sendiri. sesuai dengan isi pesannya "neglected children are made to fell invisible"


post by:

Moch Nouvar s\066010037

Riva Andinka\066010012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar